KAMAJAYA Scholarship / Coretan Mahasiswa  / Coretan Mahasiswa: Pancasila untuk Indonesia Emas

Coretan Mahasiswa: Pancasila untuk Indonesia Emas

Menuju tahun 2045, Indonesia memiliki cita-cita besar untuk menjadi negara yang maju, makmur, dan adil, yang dikenal sebagai visi Indonesia Emas. Untuk mencapai tujuan ini, Pancasila berperan penting sebagai dasar dan pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pancasila yang terdiri dari lima sila mengajarkan kita nilai-nilai luhur, yaitu, Ketuhanan Yang Maha Esa di sila pertama, mengingatkan kita untuk selalu beriman kepada Tuhan. Sila kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, menekankan pentingnya menghormati hak setiap manusia dan berlaku adil. Sila ketiga, Persatuan Indonesia, mengajak kita menjaga persatuan di tengah keberagaman yang ada. Kemudian, sila keempat, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, mengajarkan kita pentingnya demokrasi dan musyawarah. Terakhir, sila kelima, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, mendorong kita untuk menciptakan kesejahteraan bagi semua warga negara Indonesia.

Pancasila menyatukan perbedaan dan memperkuat kebersamaan. Melalui penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa bersama-sama mewujudkan Indonesia Emas 2045. Pancasila bukan hanya semboyan, tapi juga arah dan tujuan yang harus kita perjuangkan bersama.

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA