KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Merayakan Tahun Baru 2024

Opini: Merayakan Tahun Baru 2024

Tak terasa tahun 2023 telah berakhir. Awal tahun baru 2024 menjadi tanda terbukanya lembar baru dalam kehidupan. Malam pergantian tahun biasanya dirayakan dengan berbagai perayaan unik di seluruh belahan dunia. Semua perayaan ini melambangkan semangat dan sukacita dalam menyambut tahun baru. Perayaan ini juga menjadi kesempatan untuk berkumpul dan menghabiskan sisa tahun dengan orang-orang terkasih.

Waktu libur di pergantian tahun bisa kita gunakan untuk merenungkan apa yang telah terjadi selama setahun belakangan ini. Semua hal, baik positif dan negatif bisa menjadi pelajaran untuk semakin berkembang di tahun berikutnya. Renungkan semua perbuatan kita mulai dari kesalahan, kebaikan, kekurangan, maupun kelebihan yang sudah kita lakukan setahun ini. Mulai dari mengenali kelebihan dan kekurangan, kita bisa mengetahui apa harus diperbaiki dari diri sendiri. Seperti kata pepatah, pengalaman adalah guru terbaik. Dengan belajar dari diri sendiri di tahun lalu, kita bisa menjadi versi yang lebih baik lagi di tiap tahun.

Pada malam tahun baru biasanya dirayakan dengan meledakkan kembang api. Seperti kembang api yang melayang bebas dan meledak dengan indah, semua hal yang terjadi di tahun ini bisa kita ingat sebagai kenangan sambil lanjut melangkah ke depan. Kita tidak bisa terus terpaku dengan kejadian di masa lalu. Dengan pergantian tahun, tandanya kita harus melepaskan semua kejadian di tahun sebelumnya dan siap menghadapi pengalaman baru. Kembang api juga melambangkan semangat dan optimisme dalam menjalani tahun baru agar tahun ini bisa dipenuhi dengan hal-hal yang positif.

Seperti pada tahun sebelumnya. Tahun ini pun akan dipenuhi dengan pengalaman baru yang penuh suka dan duka. Apa pun yang akan terjadi, kita harus siap menghadapinya. Setiap tahunnya pasti ada hal baru yang ditemui dan yang harus ditinggalkan seperti orang-orang, tempat maupun benda. Walau begitu, masa depan tidak bisa diprediksi. Jika terlalu dipikirkan malah akan membebani pikiran. Cukup persiapkan diri akan semua kemungkinan yang mungkin terjadi.

Ada banyak hal baru yang menunggu di tahun baru 2024 ini. Semoga tahun 2024 bisa membawa harapan dan peluang yang menuntun perkembangan kita ke arah yang positif. Bersama dengan meledaknya kembang api, mari melangkah ke depan sambil membawa kenangan dari tahun sebelumnya sebagai bekal untuk menjadi versi diri sendiri yang lebih baik.

Yogyakarta, 1 Januari 2024

Gde Rama Vedanta Yudhistira
Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2020
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA