KAMAJAYA Scholarship / Berita  / Pementasan Liong dan Barongsai di UAJY

Pementasan Liong dan Barongsai di UAJY

Diliput oleh: Gracia Yosephine Matondang dan Angella Herlina Ditasari

Menyambut Tahun Baru Imlek 2571, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menyelenggarakan pementasan barongsai pada Jumat (31/01). Acara ini diselenggarakan di halaman Kampus 2 Gedung Thomas Aquinas UAJY dari pukul 15.00 hingga 16.30 WIB. Untuk memeriahkan acara ini, UAJY mengundang Komunitas Kesenian Panbers untuk melakukan pementasan liong dan barongsai.

Acara tersebut dihadiri oleh dosen, pegawai, mahasiswa, dan masyarakat sekitar. Penonton yang hadir terlihat antusias ketika pertunjukan tampil, hal ini terlihat dari partisipasi penonton saat diberi kesempatan untuk belajar memainkan liong. “Seru banget bisa lihat kayak gini setiap tahun, saya jadi tahu kebudayaan Tionghoa seperti apa,” ungkap Wina (31), salah satu penonton dari Babarsari.

Setelah pementasan liong, atraksi barongsai pun ditampilkan. Penonton juga berkesempatan untuk memberikan angpau yang dimasukkan ke dalam mulut barongsai tersebut. Aksi tersebut dipercaya dapat memberikan keberuntungan menurut kepercayaan Tionghoa. Simbol “singa” pada barongsai juga dipercaya sebagai binatang yang baik dan dapat mengusir roh jahat.

Pertunjukan liong dan barongsai di UAJY sudah dimulai sejak tahun 2007. Acara ini merupakan kerja sama antara Kantor Humas, Sekretariat, dan Protokol (KHSP) dengan Kantor Pelatihan Bahasa dan Budaya (KPBB), yang bertujuan untuk mengapresiasi kebudayaan Tionghoa dan menunjukkannya kepada masyarakat sekitar. “Tahun ini temanya adalah mencoba merenungkan dan menelaah jejak Tiongkok dalam pengayaan keberagaman, budaya, dan bahasa di Indonesia,” ujar Septo, Perwakilan dari KPBB.

Pementasan liong dan barongsai di Kampus 2 Gedung Thomas Aquinas UAJY (dok. Gracia Yosephine).
Penonton beramai-ramai datang untuk melihat pertunjukan (dok. Gracia Yosephine).
Warga sekitar memberikan angpau pada barongsai (dok. Gracia Yosephine).

No Comments

Post a Comment

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA