KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Tiga Kata Ajaib

Lentera Atma: Tiga Kata Ajaib

Sebagai makhluk sosial, kita tidak pernah menghabiskan waktu benar-benar sendirian tanpa berinteraksi dengan orang di sekitar kita. Kita selalu hidup berdampingan dengan keluarga, teman, masyarakat sekitar bahkan dengan orang yang sama sekali belum kita kenal. Hidup manusia akan berjalan berdampingan dan tentu kita menginginkan kehidupan yang aman dan nyaman.

Hingga saat ini, banyak orang yang salah mengartikan kata “tolong”, “maaf”, dan “terima kasih”. Beberapa orang terlalu gengsi untuk meminta maaf, meminta pertolongan, dan mengucapkan terima kasih. Padahal mestinya, kata tersebut merupakan kata dasar yang harus diucapkan dalam berbagai kondisi.

Beberapa orang cenderung malu atau merasa tidak perlu mengucapkan permintaan maaf, contohnya orang tua kepada anak ketika terjadi kesalahan baik sengaja maupun tidak. Jarang sekali mengucapkan “maaf” karena merasa lebih dewasa dan berpengalaman dan merasa benar. Padahal, mengucapkan maaf belum tentu telah melakukan kesalahan, tetapi menunjukkan bahwa kita menurunkan ego untuk memperbaiki hubungan dan menjaga keharmonisan.

Ketika meminta pertolongan, alangkah lebih baik kita mengucapkan kata “tolong” terlebih dahulu, agar orang yang akan membantu dapat melakukannya dengan hati yang ikhlas. Contohnya, “Tolong tutup pintunya ya,” akan lebih baik dari pada, “Tutup pintunya dong!” Mengucapkan tolong tidak akan membuat energi kita terkuras, tetapi akan menunjukkan karakter pribadi kita memahami makna kata “tolong”. Kita akan merasa terbantu dan orang yang membantu akan melakukannya dengan senang hati.

Setelah kita meminta pertolongan, kita bisa menutup percakapan dengan mengucapkan “terima kasih”. Terima kasih, merupakan kata yang sangat singkat, tetapi memiliki berjuta makna bagi yang menerimanya. Kata tersebut akan mengapresiasi kita untuk selalu menebar kebaikan, membantu sesama. Setiap hal yang orang lain berikan kepada kita, kecil atau besar kita bisa memberi senyum dan mengucapkan terima kasih, kita juga akan mendapatkan sesuatu yang bernilai baik bagi kita. Sebagai ungkapan rasa syukur, kita dapat memberikan sesuatu terhadap orang yang sudah memberi kita. Bisa juga rasa syukur tersebut kita berikan pada orang lain.

Sudahkah kita mengucapkan tiga kata ajaib tersebut hari ini?

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA