KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Motivasi

Opini: Motivasi

Motivasi adalah hal yang mendorong kita untuk bergerak mencapai tujuan. Untuk bisa bekerja dengan lebih semangat, kita memerlukan motivasi sehingga tidak kehilangan minat atau berhenti di tengah-tengah. Motivasi juga memberi dampak pada hasil pekerjaan. Orang yang termotivasi akan membuahkan hasil yang lebih baik. Motivasi bisa muncul dari dalam atau dari luar, sehingga bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu motivasi ekstrinsik dan motivasi intrinsik.

Motivasi ekstrinsik merupakan motivasi yang datang dari pengaruh luar individu. Motivasi ini bisa berasal dari faktor lingkungan, sosial, dan lainnya. Karyawan yang menerima gaji akan termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaannya. Motivasi ekstrinsik berasal dari kondisi luar. Jika kondisi tersebut berubah, maka akan sangat berdampak pada motivasi tersebut.

Motivasi intrinsik merupakan motivasi yang muncul dari dalam diri kita sendiri. Motivasi intrinsik bisa berasal dari keinginan, rasa ingin tahu, dan hal lainnya dalam diri kita. Rasa penasaran membuat kita mau belajar meskipun tidak ada keharusan untuk itu. Motivasi intrinsik membuat kita lebih menikmati proses dalam pekerjaan. Sedangkan, motivasi ekstrinsik lebih fokus pada hasil/imbalan dari pekerjaan tersebut. Karena berasal dari dalam diri, motivasi intrinsik juga tidak terpengaruh dengan faktor luar yang bisa berubah-ubah.

Motivasi ekstrinsik bergantung pada pengaruh luar. Jika pengaruh itu hilang, maka besar kemungkinan motivasi itu juga akan hilang. Sebagai contoh, dengan adanya ujian, siswa memang akan termotivasi untuk belajar. Namun ketika sudah melewati masa ujian, mereka kembali seperti sebelumnya. Hal ini karena motivasi tersebut tidak benar-benar tertanam dalam diri mereka. Tugas dan kuis mingguan mungkin bisa kembali mendorong mereka untuk belajar. Namun, hal itu bisa membuat stres dan malah menimbulkan rasa benci untuk belajar. Daripada mengandalkan motivasi ekstrinsik, akan lebih efektif jika bisa menumbuhkan motivasi intrinsik mereka melalui rasa penasaran atau keinginan untuk mengembangkan diri.

Untuk menumbuhkan motivasi intrinsik, kita perlu kesadaran dalam diri kita. Ketika kita menyadari rasa keingintahuan dan rasa ingin berkembang yang ada dalam diri, itu akan langsung menjadi motivasi kita untuk bergerak. Jika sudah ada dorongan dari dalam diri, kita tidak memerlukan pengaruh dari luar lagi. Namun, bukan berarti pengaruh dari luar tidak penting. Sebaliknya, itu akan semakin memperkuat motivasi kita.

Motivasi memang kita perlukan sebagai dorongan untuk mencapai tujuan. Motivasi bisa datang dari pengaruh luar maupun dalam diri. Kondisi lingkungan atau imbalan bisa memberikan kita motivasi ekstrinsik. Namun, kita juga perlu kesadaran dalam diri sebagai motivasi intrinsik. Dorongan dari dalam dan luar diri akan memberi dampak yang lebih pada produktivitas kita.

Yogyakarta, 23 Juni 2022

Gde Rama Vedanta Yudhistira
Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2020
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Alexas_Fotos from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA