KAMAJAYA Scholarship / Berita  / Seleksi Wawancara Beasiswa KAMAJAYA Tahun Akademik 2023/2024

Seleksi Wawancara Beasiswa KAMAJAYA Tahun Akademik 2023/2024

Saat ini proses seleksi calon Penerima Beasiswa KAMAJAYA Tahun Akademik 2023/2024 telah memasuki tahap seleksi wawancara. Total jumlah pendaftar Beasiswa KAMAJAYA Tahun Akademik 2023/2024 sebanyak 109 orang dan dari jumlah tersebut berkas 65 orang pendaftar dinyatakan lengkap. Tahap selanjutnya yaitu evaluasi dokumen telah meloloskan 52 orang pendaftar yang kemudian akan dipanggil untuk mengikuti seleksi wawancara.

Tujuan utama seleksi wawancara adalah KLARIFIKASI dan MENGGALI INFORMASI YANG LEBIH DETAIL mengenai profil calon penerima Beasiswa KAMAJAYA. Diharapkan dari wawancara ini, pewawancara mendapatkan gambaran lengkap mengenai calon penerima beasiswa sehingga dapat ditarik kesimpulan apakah yang bersangkutan perlu dibantu oleh KAMAJAYA Scholarship atau tidak. Pewawancara juga mencatat temuan yang perlu ditindaklanjuti oleh pengurus KAMAJAYA Scholarship (jika ada) terhadap calon penerima beasiswa jika seandainya yang bersangkutan diterima nantinya.

Beberapa hal yang biasanya diperhatikan/digali/ditanyakan lebih detail dalam proses wawancara adalah tentang keluarga di mana calon penerima beasiswa tumbuh dan berkembang, kondisi ekonomi keluarga karena hal ini yang merupakan salah satu penyebab calon perlu dibantu dalam biaya perkuliahan, lingkungan hidup calon di daerah asal, lingkungan hidup calon di Yogyakarta, biaya kuliah dan uang saku dari mana, bagaimana rincian pengeluaran per bulan, apakah calon juga bekerja paruh waktu, apa fasilitas yang digunakan (motor, mobil, HP, tablet, Laptop/PC, kamera, dll.), apa kegiatan kemahasiswaan yang diikuti (UKM, Himpunan Mahasiswa, Senat Mahasiswa, Kelompok Studi), apakah juga terlibat dalam kegiatan masyarakat di lingkungan (RT, RW, Gereja/Paroki), bagaimana calon mengatur waktu antara kuliah dan kegiatan, kapan rencana selesai studi (KKN, skripsi, wisuda), dan apa mimpi calon akan masa depannya?

Seleksi wawancara dilaksanakan tanggal 9-31 Mei 2023. Pendaftar beasiswa dibagi ke dalam 10 kelompok wawancara. Setiap kelompok terdiri dari 5 pewawancara yang mewakili semua stakeholder KAMAJAYA Scholarship, yaitu alumni UAJY, Alumni KS, dosen, karyawan non-edukasi, donatur, pengurus KS dan pengurus KAMAJAYA. Hingga saat ini, proses seleksi wawancara masih berlangsung.

Seleksi wawancara dilaksanakan secara luring (tatap muka) atau daring (melalui aplikasi video conference). Jenis aplikasi yang digunakan berupa ZOOM, WhatsApp, Microsoft Teams, dan lain-lain tergantung kesepakatan tim pewawancara. Waktu wawancara dan jenis aplikasi yang digunakan disepakati antara tim pewawancara dengan calon/pendaftar beasiswa.

Setelah proses wawancara, masing-masing tim pewawancara akan berembuk dan mengusulkan nama-nama calon yang akan dibahas di rapat pleno untuk menentukan rekomendasi nama-nama penerima Beasiswa KAMAJAYA Tahun Akademik 2023/2024. Selanjutnya, proses seleksi ini akan diakhiri dengan Pengumuman Hasil Seleksi KAMAJAYA Tahun Akademik 2023/2024 yang rencananya akan diumumkan pada tanggal 26 Juni 2023.

Terlampir beberapa dokumentasi seleksi wawancara.

Dokumentasi Tim 6

Dokumentasi Tim 9

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA