KAMAJAYA Scholarship / Berita  / KAMAJAYA Schorlarship: 6 Tahun Menyulam Kasih dalam Cahaya Kebenaran

KAMAJAYA Schorlarship: 6 Tahun Menyulam Kasih dalam Cahaya Kebenaran

(Yogyakarta) – Setiap akhir Tahun Akademik, KAMAJAYA Scholarship menyelenggarakan Laporan Tahunan Yayasan Bakti KAMAJAYA Indonesia T.A. 2022/2023 sekaligus memperingati Ulang Tahun KAMAJAYA Scholarship. Acara ini menjadi agenda tahunan lembaga beasiswa tersebut sebagai wujud dari komitmen para pengurus untuk mengelola dana beasiswa secara prudent, akuntabel, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan kepada para stakeholder.

KAMAJAYA Scholarship merupakan sebuah program beasiswa yang bermula dari adanya keprihatinan terhadap anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu. Dari hasil diskusi informal oleh R. Maryatmo (dosen UAJY di Yogyakarta), Hadisantono (dosen dan alumni UAJY yang sedang menempuh studi doktoral di Selandia Baru) dan Hutomo Mugi Santoso (Ketua Umum PP KAMAJAYA, yang sedang berlibur di sebuah kapal pesiar), maka terciptalah program beasiswa yang istimewa dan berbeda dari beasiswa pada umumnya.

KAMAJAYA Scholarship mulai berkarya sejak tanggal 31 Juli 2017, mencetuskan program beasiswa yang secara nirlaba dan formal melanjutkan karya-karya pelayanan kepada masyarakat dan orang-orang yang membutuhkan pertolongan.

Menurut Hadisantono selaku konseptor KAMAJAYA Scholarship, program beasiswa yang tujuannya semata-mata untuk menyelamatkan mahasiswa yang terancam putus kuliah tanpa memperhatikan nilai akademik merupakan sebuah terobosan yang berani. Melalui KAMAJAYA Scholarship inilah setiap mahasiswa yang memiliki berbagai latar belakang serta kemampuan berbeda dapat memperoleh kesempatan berharga untuk menyelesaikan pendidikan sarjananya dengan dibiayai KAMAJAYA Scholarship.

Menjadi lebih istimewa lagi, karena KAMAJAYA Scholarship, yang merupakan program beasiswa dari Alumni UAJY tak hanya memberikan bantuan untuk biaya SPP, tetapi juga biaya lain yang menunjang kebutuhan kuliah mahasiswa, di antaranya adalah biaya KKN, biaya wisuda, biaya buku, biaya kerja praktik dan penelitian, biaya laptop, bahkan biaya hidup dan tempat tinggal.

Menurut Romo Agus Widodo, Pr. beasiswa yang berasal dari para alumni ini bisa dimaknai sebagai wujud syukur dari para alumni kepada almamaternya. Kata “alma” berasal dari Bahasa Latin “allere” yang artinya “memberi makan” dan “mater” juga dari Bahasa Latin yang artinya “ibu”. Jadi, melalui beasiswa ini, para alumni mewujudkan baktinya kepada Universitas Atma Jaya Yogyakarta, yang pernah berperan sebagai “ibu yang memberi makan” kepada mereka.

Untuk mempertanggungjawabkan dana beasiswa yang berasal dari donasi publik, perlu adanya laporan tahunan KAMAJAYA Scholarship. Kegiatan ini dihadiri oleh Drs. Laurensius Tirta Widjaja selaku Ketua Pengurus Pusat KAMAJAYA, Yosef Daryanto, ST., M.Sc., Ph.D. selaku Wakil Rektor III yang bertindak mewakili Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Bedjo Sarwono selaku Ketua Yayasan Bakti KAMAJAYA Indonesia, alumni, donatur, pengurus serta para mahasiswa aktif penerima bantuan dari KAMAJAYA Scholarship.

Acara laporan tahunan KAMAJAYA Scholarship.

Selain acara puncak, yakni Laporan Kegiatan dan Keuangan Yayasan Bakti KAMAJAYA Indonesia TA. 2022/2023, akan ada alumni yang hadir sebagai tamu undangan untuk memberikan testimoni alumni, juga penandatanganan kontrak beasiswa Angkatan VII.

Acara yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 12 Agustus 2023 di Auditorium Kampus III UAJY juga bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-6 KAMAJAYA Scholarship maka akan diadakan pula pemotongan tumpeng dan pemberian ucapan selamat ulang tahun.

Pemotongan tumpeng.

Memasuki tahun keenam dalam melayani mahasiswa, KAMAJAYA Scholarship hingga saat ini telah mengeluarkan anggaran sebanyak Rp2.736.981.000,00 untuk memberikan beasiswa kepada 128 mahasiswa, yang mana di antaranya telah lulus sebanyak 65 mahasiswa menjadi sarjana dari berbagai jurusan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Laniawati S. Matita (Bendahara KAMAJAYA Scholarship) mengajak semua alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta untuk ikut berpartisipasi. “Tidak harus dalam jumlah besar. Biar sedikit, tetapi jika sebagian besar Alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang jumlahnya sudah mencapai puluhan ribu bergotong royong, pasti akan lebih banyak mahasiswa yang bisa kita bantu,” pungkasnya. Lebih lanjut Laniawati menjelaskan bahwa mahasiswa yang kita bantu ini sudah dipastikan dari keluarga yang tidak mampu. Oleh karenanya, dengan membantu anak dari keluarga tersebut agar tidak putus kuliah, maka kita akan membantu keluarga mereka untuk bisa hidup lebih baik. Partisipasi dari semua alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta sesedikit apa pun akan sangat berarti.

Yovita Erlinda Setiawan, salah seorang mahasiswa penerima beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-4 yang baru saja melakukan sidang pada 4 Agustus 2023 lalu, mengaku bahwa ia dapat melanjutkan kuliah dan menyelesaikannya semata-mata karena berkat Tuhan yang disalurkan melalui tangan orang-orang baik khususnya melalui KAMAJAYA Scholarship ini. Yovita yang hanya bermodalkan IPK pas-pasan, terancam DO dan tanpa prestasi apa pun ternyata bisa dibantu oleh KAMAJAYA Scholarship di saat semua lembaga beasiswa tidak ada yang bisa membantunya sehingga bisa berhasil menyelesaikan kuliah. “Saya bukan siapa-siapa, saya tidak punya latar belakang maupun prestasi yang bisa dibanggakan. From nothing to something,” kata Yovita.

Yovita Erlinda Setiawan (Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-4).

Berkat Tuhan tak hanya dirasakan oleh mahasiswa yang menerima berkat kemurahan hati dari para donatur saja, tetapi juga bagi para pengurus dan konselor, yang dengan kemurahan hati melayani para mahasiswa, menyalurkan berkat dari Tuhan agar para mahasiswa dapat melanjutkan pendidikannya dengan bantuan KAMAJAYA Scholarship.

KAMAJAYA Scholarship yang memberikan pelayanan di bawah naungan St. Ignatius Loyola mengutamakan kemurahan hati demi menciptakan karya-karya untuk mencapai tujuan di bidang sosial demi tercapainya masa depan yang lebih baik dan terutama upaya membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang mampu memberi kontribusi yang nyata kepada nusa dan bangsa melalui pelayanan dalam cahaya kebenaran.

Dokumentasi kegiatan dapat dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=jVjFSr6hFz4

Diliput oleh:
Cornelia Marissa Adina Septia
Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UAJY Angkatan 2021
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-7

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA