KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Alumni dan Universitas

Opini: Alumni dan Universitas

Tanggal 28 Oktober 2023 dilaksanakan Kongres KAMAJAYA 2023. Kongres KAMAJAYA adalah pertemuan akbar para alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Kongres ini diadakan setiap empat tahun sekali untuk membahas berbagai hal terkait organisasi alumni, termasuk pemilihan ketua umum dan program kerja.

Perguruan tinggi bukan hanya dihuni oleh dosen dan mahasiswa yang sedang aktif belajar. Ada kelompok lain yang telah lulus dari perguruan tinggi tersebut dan memiliki peran signifikan dalam pembentukan dan perkembangannya, yaitu alumni. Sebagai bagian dari komunitas perguruan tinggi, alumni memiliki peran yang tidak bisa diabaikan dalam upaya meningkatkan kualitas dan reputasi lembaga pendidikan tinggi.

Kata alumnus (tunggal) atau alumni (jamak) berasal dari kata Latin “alere”, yang berarti “mengasuh” atau “memberi makan”. Dalam bahasa Latin, alumnus adalah seorang anak laki-laki yang diasuh oleh orang lain, biasanya seorang guru atau mentor. Alumnus juga bisa berarti seorang murid atau pelajar yang belajar di bawah bimbingan seorang guru. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, alumni adalah “orang-orang yang telah mengikuti atau tamat dari suatu sekolah atau perguruan tinggi”, sedangkan alumnus adalah “orang yang telah mengikuti atau tamat dari suatu sekolah atau perguruan tinggi”.

Organisasi alumni adalah wadah yang menghimpun para lulusan sebuah perguruan tinggi untuk menjalin hubungan, berkolaborasi, dan berkontribusi bagi kemajuan almamaternya. Keberadaan organisasi alumni memegang peran penting dalam memperkuat jaringan, mempromosikan institusi, serta memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan perguruan tinggi.

Alumni memiliki peran yang sangat signifikan dalam kemajuan perguruan tinggi. Mereka adalah bukti nyata dari kualitas pendidikan yang diberikan dan bisa menjadi mitra strategis dalam meningkatkan kualitas dan reputasi perguruan tinggi di mata dunia. Oleh karena itu, hubungan yang baik antara perguruan tinggi dengan alumni perlu terus dipelihara dan dikembangkan demi keberlangsungan dan kemajuan institusi.

Dengan berbagai peran tersebut, organisasi alumni UAJY (KAMAJAYA) menjadi salah satu mitra strategis UAJY dalam upaya mencapai visi, misi, dan tujuannya. Keberadaan dan kontribusi aktif organisasi alumni menegaskan bahwa proses pembelajaran dan pertumbuhan tidak berhenti setelah lulus, namun terus berlanjut sepanjang hayat.

Berdirinya Keluarga Alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta (KAMAJAYA) terbentuk sebagai hasil keputusan Kongres I pada tanggal 15-16 Mei 1985 yang dilaksanakan di Wisma Realino Yogyakarta. Kongres I ini diprakarsai oleh para Pembantu Dekan III Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Fakultas Teknik, didukung dan difasilitasi penuh oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY).

Hasil Kongres Kongres I memutuskan tujuan pembentukan organisasi alumni sebagai berikut:

  1. Melanjutkan cita-cita Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  2. Mempererat dan membina rasa kekeluargaan di antara sesama alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  3. Membantu para anggota untuk mengembangkan pribadi serta menerapkan ilmu dan keahliannya, untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemajuan masyarakat, bangsa, dan gereja
  4. Membantu meningkatkan peranan Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  5. Turut berperan serta memberikan bantuan demi tercapainya segala tujuan dan tugas almamater, baik moral, maupun spiritual.

    KAMAJAYA memiliki beberapa program kerja unggulan yaitu KAMAJAYA Scholarship dan KAMAJAYA Business Club. KAMAJAYA Scholarship adalah program beasiswa dari alumni yang dikhususkan untuk membantu para mahasiswa yang kesusahaan dalam melanjutkan kuliah karena keterbatasan finansial. Program Beasiswa KAMAJAYA hadir untuk mencegah mahasiswa putus kuliah. KAMAJAYA Business Club (KBC) adalah program kerja KAMAJAYA yang berhubungan dengan pengembangan jaringan bisnis untuk alumni yang tertarik dengan dunia bisnis. KBC memfasilitasi alumni UAJY untuk belajar memulai bisnis dengan dibimbing oleh mentor-mentor yang berpengalaman di dunia bisnis di zaman sekarang.

    Semoga hasil Kongres KAMAJAYA 2023 mengusung tema “Sinergi alumni, merajut harmoni untuk KAMAJAYA masa kini” dapat membawa perubahan lebih baik, membangun ikatan alumni yang semakin kuat dan menjadi penghubung yang erat dengan almamater menjadi sebuah jaringan kerja sama yang saling menguntungkan.

    Yogyakarta, 28 Oktober 2023

    Emmanuel Mathew Krisna Rata
    Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2020
    Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-6

    No Comments

    Post a Comment

    ×

    Hello!

    Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

    × Tanya Beasiswa KAMAJAYA