KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Kisah Pendiri KFC, Ditolak 1.009 Kali

Lentera Atma: Kisah Pendiri KFC, Ditolak 1.009 Kali

Siapa sangka, di balik kesuksesan Kentucky Fried Chicken (KFC), pendiri KFC, Colonel Sanders dengan resep rahasia KFC pernah ditolak 1.009 kali waktu awal mula KFC. Perjalanan yang penuh lika-liku tentu saja tidak lepas dari kisah sedih di balik KFC. Berkat dari kegigihan Colonel Sanders hingga menjadi kisah sukses pendiri KFC ketika usianya 60 tahun.

Colonel Sanders dengan nama asli Harland David Sanders lahir di Henryville, Indiana, Amerika Serikat, 9 September 1890. Ayahnya telah meninggal dunia saat dirinya masih berusia 6 tahun, sehingga masa kecilnya banyak dihabiskan untuk menjaga saudara-saudaranya di rumah ketika sang ibu mencari nafkah.

Saat berusia 16 tahun, Colonel Sanders memutuskan untuk masuk ke dunia militer dengan menjadi tentara, tetapi tak bertahan lama. Setahun kemudian, ia bekerja sebagai buruh di sebuah stasiun, tetapi harus berakhir dengan pemecatan karena terlibat perkelahian. Colonel Sanders kemudian mencoba peruntungan lain dengan menjadi seorang agen asuransi. Ia juga sempat berjualan ban.

Setelah semua hal yang dilalui, pria tersebut akhirnya memutuskan untuk bekerja di sebuah pom bensin di daerah Kentucky pada tahun 1930. Sambil bekerja di pom bensin, Colonel Sanders yang pandai memasak juga membuka restoran kecil. Di tahun 1939, Colonel Sanders menemukan 11 bumbu rahasia untuk ayam goreng yang dijual di restorannya. Tak disangka, ayam goreng racikan Colonel Sanders tersebut begitu digemari hingga menjadi menu andalan di restoran miliknya.

Seiring dengan berjalanya waktu, restoran milik Colonel Sanders semakin dikenal. Untuk memperluas bisnisnya tersebut, Colonel Sanders membuka jaringan waralaba pada tahun 1955. Sebanyak 600 franchise yang tersebar di Amerika Serikat berhasil dibuka. Kesuksesan KFC kian bertambah setelah bisnis ini masuk ke dalam bursa saham New York. Di tahun 1970, Heublein, Inc. mengakuisisi KFC yang memiliki 3.500 gerai franchise dengan nilai transaksi hingga USD285 juta. Di tahun 1986, KFC diakuisisi oleh PepsiCo, Inc. dengan nilai transaksi seharga USD840 juta. Hingga saat ini, setidaknya terdapat 25.000 gerai KFC di 147 negara.

Pelajaran apa saja yang bisa kita ambil dari Kisah Colonel Sanders? Kita memang memiliki banyak peluang untuk gagal dalam mencapai tujuan. Namun, dari pendiri KFC kita bisa belajar bahwa usia, latar belakang dan masa lalu bukan halangan untuk mencapai sukses. Jika kita terus berusaha seperti Colonel Sanders, tidak peduli dengan berapa kali kita gagal, kemungkinan untuk mencapai kesuksesan pasti selalu ada.

Image by Gerd Altmann from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA