KAMAJAYA Scholarship / Pengumuman  / Info: Sistem Penilaian Keaktifan Mahasiswa (SPKM) KAMAJAYA Scholarship

Info: Sistem Penilaian Keaktifan Mahasiswa (SPKM) KAMAJAYA Scholarship

Salah satu misi KAMAJAYA Scholarship adalah menyiapkan calon pemimpin masa depan (future leaders) yang memiliki karakter yang kuat dan memiliki kompetensi yang baik. Seorang penerima Beasiswa KAMAJAYA tidak diwajibkan untuk unggul dalam akademis, tetapi harus memiliki karakter kepemimpinan yang kuat untuk menjadi calon pemimpin-pemimpin masa depan. Nilai-nilai ini hanya dapat dibina melalui keterlibatan aktif dalam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Dalam hal ini kegiatan-kegiatan yang terkait dengan KAMAJAYA Scholarship adalah kegiatan-kegiatan untuk pengelolaan beasiswa, memperkenalkan KAMAJAYA Scholarship dan pelayanan terhadap sesama yang membutuhkan. Keterlibatan aktif mahasiswa Penerima Beasiswa KAMAJAYA juga merupakan salah satu cara KAMAJAYA Scholarship melakukan kaderisasi. Kaderisasi merupakan perwujudan dari cita-cita para pendiri KAMAJAYA Scholarship, yaitu Beasiswa KAMAJAYA ini akan menjadi beasiswa abadi, di mana para penerima Beasiswa KAMAJAYA adalah para pengurus KAMAJAYA Scholarship di masa depan. KAMAJAYA Scholarship akan terus hidup dan berkembang untuk membantu para sesama yang membutuhkan.

Keterlibatan aktif Penerima Beasiswa KAMAJAYA juga tercantum dalam pasal 3 ayat 3 dari Perjanjian Pemberian Beasiswa KAMAJAYA, di mana para penerima Beasiswa wajib menghadiri dan berpartisipasi dalam semua kegiatan KAMAJAYA Scholarship. Dari sisi mahasiswa Penerima Beasiswa KAMAJAYA, kegiatan-kegiatan ini dimaksudkan sebagai sarana bagi mahasiswa Penerima Beasiswa KAMAJAYA untuk belajar dan mengembangkan soft skills (berpikir kritis, mampu beradaptasi, kepemimpinan, sikap positif, kerja tim, kemampuan komunikasi, etos kerja, networking, penyelesaian masalah, pengetahuan tentang budaya yang berbeda dan kecerdasan emosional). Soft skills (keterampilan lunak) merupakan ciri-ciri interpersonal yang dibutuhkan untuk sukses di lingkungan kerja. Kemampuan ini menunjukkan cara seseorang berpikir, bersikap, bertindak, dan berinteraksi dengan orang lain. Untuk dapat menguasai soft skills yang dibutuhkan, mahasiswa dapat belajar dan mengembangkannya dari kegiatan-kegiatan kemahasiswaan.

Sehubungan dengan uraian di atas, mulai Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024, Pengurus KAMAJAYA Scholarship memberlakukan Sistem Penilaian Keaktifan Mahasiswa (SPKM) KAMAJAYA Scholarship. SPKM KS dimaksudkan untuk mendorong semua mahasiswa Penerima Beasiswa KAMAJAYA untuk ikut menghadiri dan berpartisipasi secara aktif dalam setiap kegiatan KAMAJAYA Scholarship. Setiap partisipasi akan mendapatkan nilai/poin yang besarnya disesuaikan dengan peran yang bersangkutan. Rekapitulasi nilai/poin dilakukan pada akhir semester. Mahasiswa harus mengumpulkan nilai/poin minimal tertentu untuk mendapatkan rekomendasi kelanjutan beasiswa. Pengurus KAMAJAYA Scholarship juga menyediakan hadiah khusus yang menarik di setiap akhir semester untuk mahasiswa yang memperoleh nilai/poin tertinggi.

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA