KAMAJAYA Scholarship / Berita  / Pemilihan Pengurus Operasional KAMAJAYA Scholarship

Pemilihan Pengurus Operasional KAMAJAYA Scholarship

KAMAJAYA Scholarship menerapkan prinsip dari, oleh dan untuk penerima beasiswa. Artinya secara operasional Beasiswa KAMAJAYA ini dikelola sendiri oleh penerima beasiswa. Pengurus KAMAJAYA Scholarship (dalam hal ini adalah Pengurus Yayasan Bakti KAMAJAYA Indonesia) hanya memfasilitasi dan menyediakan sistem. Operasional pengelolaan Beasiswa KAMAJAYA diserahkan sepenuhnya kepada penerima beasiswa. Oleh karena itu, setiap tahun kepengurusan ini berganti karena sebagian penerima beasiswa telah menyelesaikan studinya.

Pada hari Minggu (18/02/2024) telah diselenggarakan rapat dengan agenda utama berupa pemilihan ketua (lurah) Pengurus Operasional KAMAJAYA Scholarship Tahun 2024. Acara tersebut dihadiri oleh penerima Beasiswa KAMAJAYA aktif (batch 5 hingga batch 7). Kegiatan dilakukan secara hybrid, yaitu on-site di Rumah Makan dan Pemancingan Moro Seneng dan secara online melalui Microsoft Teams. Acara tersebut berlangsung dari pukul 09.00 sampai pukul 11.00 WIB.

Sebelum kegiatan dimulai, dilakukan konsolidasi untuk mempererat hubungan penerima beasiswa antar-batch. Kegiatan konsolidasi dilakukan dengan acara mancing bersama. Penerima beasiswa tampak antusias dalam mengikuti acara tersebut. Konsolidasi tersebut dianggap cukup efektif dalam mengakrabkan satu sama lain. Hal ini terlihat dari penerima beasiswa yang tidak canggung serta dapat berbaur dan mengobrol satu sama lain.

Kegiatan dibuka dengan doa yang dipimpin oleh Delvi (Penerima Beasiswa KAMAJAYA batch 6). Acara dibawakan oleh moderator sekaligus Master of Ceremony (MC) yakni Hellaria yang juga merupakan Ketua Pengurus Operasional KAMAJAYA Scholarship Tahun 2023. Acara diawali dengan laporan keuangan Fundraising bulan Agustus hingga Desember 2023 oleh Hellaria. Pemasukan kas fundraising terdiri dari saldo awal, pendapatan penjualan yoghurt dan es lilin di bulan September hingga November 2023 serta pendapatan dari penjualan bunga. Total pemasukan adalah sebesar Rp1.930.510,00. Pengeluaran uang kas fundraising digunakan untuk pembuatan parcel, mie lidi, coklat wisuda serta ongkos dan konsumsi untuk pelepasan. Total pengeluaran adalah sebesar Rp800.500,00.

Tiga orang calon ketua Pengurus Operasional KAMAJAYA Scholarship Tahun 2024 (dari kiri ke kanan, Lisa, Avril dan Joan)

Acara dilanjutkan dengan pemaparan visi dan misi dari 3 calon ketua Pengurus Operasional KAMAJAYA Scholarship Tahun 2024 dengan urutan Joan Laksmita Kusuma Apsari (Joan), Avrilla Putri Indraprasta (Avril) dan Margareta Lisa Cahyaningtyas (Lisa). Setelah pembacaan visi dan misi para calon, dilakukan sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab dibuat menjadi 3 termin karena antusiasme penanya dari Penerima Beasiswa KAMAJAYA Batch 5 dan 6. Pertanyaan yang diberikan di antaranya yaitu cara merangkul teman-teman penerima beasiswa, pembagian tanggung jawab atau jobdesk ketika ada acara/event dan mekanisme dalam kepengurusan lengkap Operasional KAMAJAYA Scholarship Tahun 2024.

Setelah sesi tanya jawab, dilakukan pemilihan ketua pengurus yang dilakukan dengan menggunakan G-form dan diisi oleh teman-teman yang hadir baik on-site maupun online. Hasil voting kemudian ditampilkan pada layar proyektor. Hasil voting menunjukkan bahwa Joan Laksmita Kusuma Apsari terpilih sebagai Ketua Pengurus Operasional KAMAJAYA Scholarship Tahun 2024 dengan persentase pemilih sebesar 48,7%. Hasil voting kedua terbanyak yaitu Avrilla Putri Indraprasta dengan persentase 35,9% dan yang ketiga Margareta Lisa Cahyaningtyas dengan persentase 15,4%. Forum juga membuahkan keputusan bahwa Avrilla ditetapkan menjadi Sekretaris 1 dan Lisa menjadi Bendahara 1. Acara kemudian dilanjutkan dengan makan bersama dan ditutup dengan doa penutup oleh Delvi.

Selamat mengemban amanah untuk para Pengurus Operasional KAMAJAYA Scholarship Tahun 2024. Semoga pengelolaan KAMAJAYA Scholarship semakin baik dan semakin dapat melayani sesama yang membutuhkan uluran kasih, perhatian dan cinta.

Diliput oleh:

Angelina Yuniarti
Mahasiswa Program Studi Biologi UAJY Angkatan 2020
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA