KAMAJAYA Scholarship / Berita  / Seleksi Administrasi Beasiswa KAMAJAYA Periode Tahun Akademik 2024/2025

Seleksi Administrasi Beasiswa KAMAJAYA Periode Tahun Akademik 2024/2025

Secara umum, keseluruhan tahapan seleksi penerimaan Beasiswa KAMAJAYA sebagai berikut:

  1. Seleksi Administrasi (Evaluasi Dokumen dilakukan secara online melalui ASOKA)
  2. Seleksi Wawancara (online atau offline)
  3. Rapat Pleno (menggunakan Zoom)

Saat ini, proses seleksi Beasiswa KAMAJAYA Periode Tahun Akademik 2024/2024 telah memasuki tahap Seleksi Administrasi (Evaluasi Dokumen). Proses seleksi dilakukan secara online melalui ASOKA. Pada tahap ini, tujuan utama evaluasi adalah menyeleksi calon-calon potensial untuk dipanggil ke tahap seleksi selanjutnya, yaitu Seleksi Wawancara. Tidak semua pendaftar (calon) perlu dipanggil untuk seleksi wawancara. Para evaluator diharapkan untuk membaca dan mempelajari profil calon, memilah-milah dan memberikan rekomendasi apakah calon yang bersangkutan dipanggil atau tidak untuk proses selanjutnya. Rekomendasi juga berupa poin-poin penting yang harus diklarifikasi atau digali lebih detail saat proses seleksi wawancara. Jadi tahap evaluasi ini sangat penting dan menjadi awal untuk proses selanjutnya.

Bagian TERPENTING dalam proses evaluasi ini adalah MEMBACA ESAI yang ditulis para calon. Melalui esai ini, tim evaluator mengenal profil diri calon. Namun biasanya tidak semua esai ditulis dengan baik dan lengkap, maka di samping esai yang sudah ditulis oleh calon, tim evaluator juga perlu mencermati data pendukung lainnya.

Teknis pelaksanaan Evaluasi Dokumen adalah ke-81 calon Penerima Beasiswa KAMAJAYA dibagi ke dalam 10 tim kecil. Panitia seleksi berjumlah 50 orang yang merupakan perwakilan dari semua stakeholder KAMAJAYA Scholarship (dosen, karyawan dan alumni UAJY, donatur, pengurus KAMAJAYA Scholarship dan PP KAMAJAYA). Satu orang calon akan dievaluasi oleh 5 orang anggota panitia seleksi (dalam satu tim). Prioritas diberikan kepada mahasiswa semester akhir dan keluarga alumni/civitas akademika UAJY yang mengalami kesulitan finansial.

Pembagian tim evaluasi selengkapnya dapat pada tabel berikut.

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA